Ok kawan, masih lekat dimemory pas gw maen k Bali bulan lalu pulau yg katanya "tanah surga" itu. Banyak perbedaan yg terjadi stelah skian lama gk ksana dulu yg gk ada namanya pengemis, skarang banyak berkeliaran. Lalu lintas macet parah (walau gk separah jakarta) hampir tiap sore dan malam. Dan hawa disono men, panas edun walau gk segila panas surabaya yg bisa buat masak otak kita jadi dadar kalo gk ada tempurung kepala -____- waktu itu gw sempet maen ke tempat konservasi hutan mangrove disono yak lumayanlah buat ngadem sambil liat yg ijo2 biar mata seger. Baru aja masuk uda denger suara kek ada proyek masang tiang pancang deket situ, awalnya sih gw positif thinking aja palingan ada yg mau bangun gedung d daerah pemukiman deket situ. Lama2 pas gw nyusurin jalanan kayu yg emang dbikin buat wisata hutan mangrove ntu eh makin kenceng aj tuh suara. sampai akhirnya pas udah mentok sampai akhir gw ngeliat pantai dari situ gila men emang bagus sih viewnya dr situ. Adem angin pantai sepoi2 ditambah rimbunnya hutan mangrove bisa dbilang surgalah dcuaca yg terik waktu itu. Namun agak dsayangkan juga banyak sampah dr aliran sungai yg akhirnya kebawa ke laut, terutama sampah plastik. Apa uda pada tuli buta ya orang2 uda jelas2 sampah plastik lama hancurnya eh malah pada buang ke sungai, cuman bisa ngelus dada d negeri tercinta ini emang kebiasaan yg salah menjadi benar malah kebiasaan yg benar menjadi salah. Semua uda serba salah kaprah.
Ok lanjut ke topik, nah pas gw lg istirahat sambil ngliatin pantai nah akhirnya gw nemu tuh asal suara masang tiang pancang, eh ternyata dseberang hutan mangrove awalnya sih gw cuman batin doang, mau ngebangun apa tuh orang2, ah sudahlah akhirnya gk gw pikirin lg. sampai akhirnya pas gw balik ke bintaro selang beberapa minggu ada berita rame di tv, yg masalah pembangunan resort d deket hutan mangrove. Langsung dah gw keinget kejadian itu, jiah ternyata mau ngebangun resort disono. Ok emang sih that was a brilliant idea i think, buat para wisatawan yg mau nginep di ntu resort. Bangun pagi sambil kucek2 mata penuh belek langsung liat hutan mangrove gmn gak seger tuh mata. Cuman apa mereka gk mikir apa dampak pembangunan itu? Buat numbuhin hutan mangrove itu butuh waktu yg lama men, gk cuman puluhan tahun bahkan bisa ratusan tahun, jelek2 gini gw jg pernah ikutan nanem mangrove waktu masih ikut pramuka pas SMA d Situbondo. Gila emang Pemda sono maen OK, OK aja asal ada duit, gk ada pembatasan investor buat ngebangun lama2 bakal abis tuh Bali jd resort. Sebenernya sih yg gw takutin cuman satu aj jangan sampai lah suatu saat nanti orang bali sendiri buat ngeliat pantai aj musti bayar kek d Ancol.
Pantai2 uda berasa lahan privat milik investor kita gk bisa seenaknya maen nylonong musti nginep situ buat liat pantai itu kampret dah kalo sampai kejadian -____- segitu aja deh gw bahasnya kalo kelamaan bakal ngelantur kemana2 tar INI SERIUSS!!! ini cuman opini gw aj jgn percaya ama gw percaya ama Tuhan tar masuk neraka lo pada. semoga yg gw takutin gk terjadi entah udah saatnya untuk menghitung mundur ato belom liat aj tar 10 tahun lagi apa yg bakal terjadi di Bali.
Sedikit bekson dari Navicula "Menghitung Mundur"
ps: buka mata buka telinga, dengarkan kata hati kita bumi ini bukan cuma milik kita tp jg milik anak cucu kita mari kita jaga bersama jgn sampai keserakahan dan ketidakpedulian membuat kita buta.
pict nyusul ye FD lg maen petak umpet gk tau kemana, salam hijau daun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar